spekmotor. Powered by Blogger.

Yamaha R1S, Ini dia versi murahnya Yamaha R1

Yamaha R1S, versi murahnya Yamaha R1 - Setelah meluncurkan Yamaha R1M yang merupakan versi advance dari R1, ternyata Yamaha Corporation juga turut meluncurkan versi ekonomis dari R1, namanya Yamaha R1S. (Harap dibaca ulang karena buka R15 ya, hehe). Varian anyar dari YZF-R1 series ini juga menurut rencana bakal hadir di pameran tahunan Tokyo Motorshow 2015. Bagi pecinta moge yang ingin beli moge yang jadi flagship Yamaha di kelas superbike ini, YZF-R1S bisa jadi salah satu opsi terbaru. 

Sesuai namanya, Yamaha R1S merupakan 'lite' version dari YZF-R1 dan R1M. Banderolnya juga lebih ekonomis dari versi standar. Harga Yamaha R1S ini terpaut USD 2000 dibanding versi standar R1. Jika di konversi ke rupiah, harganya berbeda sekitar Rp. 30 jutaan. Lalu apa sajakah perbedaan R1S dengan R1? Berikut adalah beberapa fitur ekonomsi Yamaha R1S terbaru 2015:
  • Conrod berbahan stainless steel
  • Leher knalpot berbahan stainless steel
  • Cover Engine berbahan Alumunium
  • Fitur Quick Shifter dihilangkan
  • Velg berbahan Alumunium

Membandingkan keempat perbedaan diatas, pada Yamaha R1, bagian Conrod dan leher knalot berbahan Titanium. Sedangkan Cover Engine dan Velg  berbahan Magnesium. Di bagian transmisi juga dibekali teknologi Quick Shifter seperti yang diterapkan di arena balap. Perbedaan di 5 bagian tersebut membuat Yamaha R1S lebih berat 4 kilogram dibanding R1. 

Gambar Yamaha R1S dan Yamaha R1 standar

All New Yamaha R1 2016
All New Yamaha R1S

Untuk sektor jeroan mesinnya, spesifikasi mesin masih sama persis. Keduanya dibekali piranti elentronik canggih bernama Inertial Measurement Unit (IMU). Meskipun harga ekonomis, secara sekilas emblem di bodi motor sama-sama bertuliskan R1. Jadi fisik luarnya terlihat sama saja.

Melirik spesifikasi mesinnya, Yamaha R1 dan R1S dibekali engine berkapasitas 998cc, DOHC 16-katup dengan injeksi YCC-T dan YCC-I degan power maksimal hingga 180 hp dengan torsi hingga 98,4 Nm. Yamaha R1 diyakini mampu menempuh kecepatan maksimum hingga 300 km/jam.

Di Indonesia, harga Yamaha R1 terbaru 2015 dibanderol Rp. 495 juta. Jadi kalau R1S dibanderol USD 2.000 lebih murah, maka harganya sekitar Rp. 450-460 jutaan. Bagaimana, tertarik membeli?

Demikianlah informasi mengenai Yamaha R1S, Ini dia  versi murahnya Yamaha R1. Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment