spekmotor. Powered by Blogger.

Honda CBR250RR 2016 Serba Lancip Dengan Desan Anyar

Honda CBR250RR 2016 - Penampakan perdana Honda CBR250RR 2016 mulai muncul. Dimuat di majalah Young Machine edisi terbaru merupakan konsep supersport dari generasi terbaru CBR 250cc yang bermesin 2-silinder. Motor yang kabarnya bakal dipamerkan di Tokyo Motor Show akhir Oktober 2015 ini memang punya tampilan yang jauh berbeda dengan generasi sebelumnya dengan mesin silinder tunggal. 

Dengan tagline "Lightweight Supersport Concept" nya, bentuk motor produksi massalnya belum tentu akan sama dengan konsep prototipe yang dimunculkan oleh Young Machine ini. Merujuk apa yang dilakukan oleh Yamaha pada Tokyo Motor Show 2014 silam dengan R25 nya juga akhirnya sedikit berbeda dengan versi produksi massalnya, namun tidak terlalu signifikan. Kemungkinan perbedaan versi konsep dengan versi massalnya hanya minus spion, lampu sein, lampu depan jok dan footstep pembonceng, fender belakang, dan knalpot standarnya saja.

Melirik gambar tampilan Honda CBR250RR terbaru yang dirilis oleh majalah Young Machine, konsep Honda CBR250RR memang mencerminkan aura sporty yang kuat. Jika CBR250R Fi Thailand lebih ke konsep ergonomis dan elegan  dengan bodi agak membulat, CBR250RR justru lebih kearah sport tulen. Pada buritan belakang sudah bergaya split seat. Sepintas mirip dengan buntut Kawasaki Ninja H2. Fairing motor tampil dengan desain terbaru. Tidak lagi memakai konsep fairing CBR250R dual keen eyes (versi 2014).
Honda CBR250RR terbaru
Ciri khas yang paling mencolok di sektor kaki-kaki adalah jenis suspensi upside-down nya. Membandingkan dengan motor 250cc milik kompetitor, CBR250RR adalah satu-satunya yang punya perbedaan di sektor ini. Untuk perangkat pengereman dibekali piringan cakram model gelombang dengan dijepit rem cakram Nissin. Tapi kelihatannya, remnya bukan jenis radial mount caliper seperti yang digosipkan sebelumnya. Di bagian belakang juga terlihat sudah memakai banana arm yang lebih ekslusif dan sporty. Di sektor ban memakai brand keluaran Dunlop. Speknya tidak nampak jelas apakah ukurannya sama dengan CBR250R keluaran sekarang atau bukan.

Beralih ke bagian bodi, sasisnya berjenis dual twin spar dengan double beam (4 batang). Lumayan sangar juga kelihatannya. Untuk lekukan fairing dan tangki terlihat sporty dan futuristik. Bagian spakbor depan berbalut detail carbon. Desain headlampnya agak mirip dengan yang ditampilkan di majalah Young Machine sebelumnya, dengan lampu jenis LED yang agak tersembunyi di headlamp model menyempit runcingnya. Sedangkan di bagian kemudi belum ada bocoran desain speedometernya. Tapi, sekilas di sektor kemudi sudah memakai gas spontan dengan throttle 2 kabel serta engine kill switch di kemudi kanan.

Ke bagian mesin, seperti yang sudah digosipkan di jauh-jauh hari, CBR250RR terbaru ini sudah menggunakan mesin 2-silinder segaris. Terlihat di bagian leher knalpot dibawah ini, ada 2 header menyembul keluar. Nampaknya support juga untuk jenis knalpot slip-on seperti yang terlihat di gambar yang memakai silencer Akrapovic. Terdapat sambungan knalpotnya di tengah.
CBR250RR 2-silinder
mesin 2-silinder
Mesin CBR250RR 2016
mesin terbaru dan knalpot jenis slip-on (supported)
 Untuk detil keseluruhan bisa dilihat pada gambar dibawah ini...

CBR250RR 2-silinder 2016 dan Versi Prototipe

Honda CBR250RR 2-silinder 2016
Honda CBR250RR 2016
Nah, selanjutnya kita tunggu saja perkembangan terkini dari andalan terbaru Honda di kelas 250cc ini.

Demikianlah informasi mengenai Honda CBR250RR Serba Lancip Dengan Desan Anyar. Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment