spekmotor. Powered by Blogger.

7 Keunggulan Honda BeAT eSP: Bedah Teknologi eSP

Keunggulan Honda BeAT eSP: Bedah Teknologi eSP - Pada tulisan sebelumnya telah dibahas spesifikasi, fitur, dan perbedaan dengan BeAT Fi. Mengorek lebih dalam teknologi eSP dan keunggulannya, mesin ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 2011 silam. Saat ini baru ada 3 motor Honda yang dibekali dengan mesin ini, yaitu Honda PCX 150, Vario Techno, dan BeAT eSP 2015. Menurut prensentasi dari pihak Astra Honda Motor sendiri, teknologi eSP memiliki 7 keunggulan teknis. Apa sajakah itu?

Bedah Mesin eSP & Keunggulan Honda BeAT eSP

AGC Starter & Idling Stop System (ISS)

keunggulan teknologi eSP

Fitur pertama memungkinkan Honda BeAT eSP dinyalakan dengan kondisi senyap tanpa suara. Teknologi AGC ini dijalankan oleh altenator, bukan dinamo starter seperti motor umumnya. Sedangkan fitur ISS membuat mesin motor akan mati otomatis (stand by) begitu mesin berhenti selama 3 detik, dan akan hidup kembali begitu selongsong gas diputar. Fitur ini membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien.

Roller Rocker Arm

bedah mesin eSP
Teknologi roller rocker arm pada Honda BeAT eSP juga sudah disempurnakan sehingga membuat friksi antar komponen menjadi lebih minim. Efeknya, selain membuat tarikan mesin lebih halus, parts mesin juga lebih awet.

Tumble & Squish

keunggulan Honda BeAT eSP
Dengan adanya perubahan pada bagian tumble & squish membuat pembakaran lebih  singkat sehingga meningkatkan power dan efisiensi bahan bakar.

Offset Cylinder & Spiny Sleeves

keunggulan teknologi eSP
Dengan cara kerja offset cylinder terbaru, gesekan friksi antara komponen piston & silinder menjadi lebih minim sehingga power yang diteruskan ke kruk as menjadi lebih sempurna. Sedangkan permukaan linear piston juga dibuat dengan tekstur seperti kulit jeruk yang diklaim mampu melepas suhu panas lebih cepat. Selain itu, material yang digunakan lebih tipis, ringan, dan kuat.

Light Weight Piston & Smaller Pin Piston

teknologi eSP adalah
Pada mesin eSP, bobot piston dan pin piston juga ikut dipangkas. Dengan keunggulan bobot 14,8 gram dibanding BeAT Fi. Hal ini membuat performa eSP lebih ringan dan efisien.

CVT (continuosly variable transmission)

pengertian teknologi eSP
Penyempurnaan cara kerja pada bagian CVT juga membuat pendinginan jadi lebih optimal.

Transmission Case

keunggulan mesin eSP Honda BeAT 2015
Teknologi eSP juga menyempurnakan bagian yang satu ini. Dengan perbaikan di bagian Rib membuat gesekan mesin jauh berkurang akibat adanya pergolakan oli.

Nah, itulah 7 Keunggulan Honda BeAT eSP: Bedah Teknologi eSP. Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment