spekmotor. Powered by Blogger.

3 Macam Modifikasi Honda CBR 250 Yang Merubah Tampilan

Modifikasi Honda CBR 250 - CBR adalah motorsport full fairing legendaris milik Honda selain NSR yang sudah 'dipensiunkan' bersamaan dengan berakhirnya era mesin 2-tak. Baik NSR maupun CBR, keduannya adalah motor fairing terlaris yang dimiliki oleh Honda. Motor tersebut memang kerap menjadi sasaran empuk para pemilik motor dan modifikator untuk didandani agar tampak unik dan berbeda. Tak jarang perubahan tersebut bisa menghabiskan dana yang tidak sedikit. Nah, diantara banyaknya ide modifikasi Honda CBR, pada tulisan kali ini blog spekmotor akan membahas 3 macam modifikasi Honda CBR 250 yang mungkin bisa anda serap idenya untuk diterapkan pada CBR milik anda. Ok, langsung saja kita tengok modifikasi seperti apa saja kah yang sudah dilakukan oleh mereka terhadap tunggangan mereka?

3 Macam Modifikasi Honda CBR 250 Yang Mengubah Penampilan

Modifikasi Honda CBR ala Single Seater

Desain bentuk fairing bawaan Honda CBR memang tidak buruk. Tapi ada kadarnya, kita merasa bosan dengan bentuk standar yang diusung dari pabrikan dan ingin tampil beda. Nah, hal itulah yang dilakukan oleh Veris Faldy terhadap Honda CBR 250 tahun 2011-nya. Dengan sedikit sentuhan pada beberapa bagian mampu menyulap Honda CBR miliknya jadi nampak oke. Perubahan pertama dilakukan pada bagian fairing bawah yang dicustom hingga menutupi mesin. Pengerjaan dilakukan oleh Baru Motor Sport di Palmerah, Jakbar.

Untuk fairing utama bagian depan tetap dipertahankan seperti aslinya. Tapi untuk buritan alias fairing belakang, model buritan standar diganti ala model seater tunggal yang lebih runcing dan kekar. Untuk menambah kesan kekar, suspensi depan diganti dengan milik Honda CB400 sedangkan pro arm memakai kepunyaan CFR750 berikut dengan velg dan tapak bannya.. Untuk menambah kekuatan warna, semprotan airbrush warna oranye pun jadi pilihan. Hasil akhirnya menjadikan motor tunggangan Veris tampil beda. Berikut adalah penampakannya:

Modifikasi Honda CBR 250
Modifikasi Honda CBR 250 (motorplusonline.com)
Modifikasi Honda CBR 250 Ala MotoGP

Melihat motor milik Bondan Mulyawan ini, yang image yang melekat di benak kita adalah motor khas fairing ala motoGP. Biasanya motor yang turun diarena balap memiliki beberapa ciri khas, antara lain: single seat, menghilangkan lampu depan, full tampilan sponsor. Ide-ide tersebutlah yang diwujudkan oleh Bondan terhadap Honda CBR 250 miliknya. Modifikasi Honda CBR 250 tahun 2011 tersebut terjadi pada banyak sektor, seperti body kit custom, pengerjaan airbrush, hingga sejumlah parts variasi yang menggantikan parts standar. Untuk pengerjaan fairing balap seperti yang ada dibenak Bondan, diserahkan kepada Sportisi Motorsport, Rawamangun, Jaktim. 

Fairing baru dibuat seperti model ala motoGP yang tidak menggunakan lampu depan. Tapi, berhubung motor ini masih digunakan untuk keperluan harian, serta untuk menghindari pelanggaran lalu lintas, maka satu set lampu depan projektor dipasangkan dibawah fairing yang agak tertutupi. Sementara untuk spion, menggunakan model cembung dan dipasangkan ke dalam, berada di posisi tengah dan sengaja dibuat tersembunyi dibalik windshield.

Modifikasi Honda CBR 250 juga terjadi pada sektor bawah dimana ban Battlax S20 120/60-17 dan 150/60-17 digunakan pada sektor depan dan belakang. Tak lengkap rasanya motor modif tanpa merubah knalpot. Dan knalpot standar pun dilengserkan serta diganti dengan knalpot racing merek PDK yang dicustom lagi oleh Sportisi Mororsport. Berikut adalah rincian modifikasi Honda CBR 250 milik Bondan berikut tampilannya:

daftar modifikasi Honda CBR 250

Modifikasi Honda CBR 250 Ala MotoGP
Modifikasi Honda CBR 250 Ala MotoGP
Modifikasi Honda CBR ala Motor Touring

Bicara soal modifikasi Honda CBR yang rata-rata merubah konsep standar agar nampak lebih sporty, berbeda halnya dengan Bambang Irawan asal Depok yang melakukan modifikasi besar-besaran terhadap tunggangan CBR 250 nya menjadi motor touring! Siapa pun yang melihat motor miliknya, tak ada seorang pun yang bisa menerka bahwa penampakan asli motor tersebut adalah Honda CBR.

Untuk mewujudkan idenya itu, pengerjaan diserahkan peada Rizky Wijaya Modif (RWM) yang memang ahlinya dalam mengerjakan motor-motor ala chopper, dan brat style. Dengan konsep yang sama sekali berbeda, alhasil membuat modifikasi gila-gilaan ini hanya menghasilkan mesinnya saja yang masih asli bawaan Honda CBR. Struktur rangka memakai pipa baru dengan ketebalan 3mm. Menurut Bambang, perubahan besar-besaran ini merupakan pengorbanan besar, selain itu juga memerlukan ahli untuk meracik bodi baru seperti ini. Berikut adalah penampakan modifikasi Honda CBR 250 ala touring:

Modifikasi CBR 250 ala Touring
Modifikasi CBR 250 ala Touring (otomotifnet)
Demikianlah informasi mengenai 3 Macam Modifikasi Honda CBR 250 Yang Merubah Tampilan. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:



No comments:

Post a Comment